Kolaborasi Pemkab Indramayu dan Peruri akan tingkatkan indeks SPBE

sitekit.co.id - Kolaborasi Pemkab Indramayu dan Peruri akan tingkatkan indeks SPBE
sitekit.co.id - Kolaborasi Pemkab Indramayu dan Peruri akan tingkatkan indeks SPBE

sitekit.co.id – Peruri telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu (Pemkab) untuk meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis elektronik (SPBE). Kolaborasi adalah tentang mengidentifikasi masalah implementasi aplikasi, memperdalam kebutuhan pengguna Di Totopedia, dan merancang solusi yang tepat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Senior Solutions Architect dan Product Principal Peruri, Ambrosius Mesa Tiar Dyastama, Sabtu (8/6/2024).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sesuai amanat PERPRES Nomor 82 Tahun 2023 Pasal 3(2) Percepatan Transformasi Digital dan Pengintegrasian Layanan Digital Nasional, Peruri bertugas mengidentifikasi isu-isu implementasi SPBE, memperdalam kebutuhan Di Totopedia pengguna SPBE dan bekerja sama dengan kementerian atau lembaga untuk merancang solusi yang tepat.

Dengan demikian, Mesa memperoleh dokumen solusi yang tepat yang digunakan oleh Peruri dan juga kementerian dan instansi terkait untuk melaksanakan implementasi aplikasi Spbe.

“Dengan adanya dokumen solusi yang tepat ini, Peruri mengimplementasikan interoperabilitas aplikasi yang dapat meningkatkan indeks SPBE kementerian atau instansi terkait,” katanya.

Mesa mengatakan, Peruri mengajak pemerintah Bupati Indramayu sebagai bentuk kerja nyata Di Totopedia kerja sama dengan Kementerian Lembaga Daerah (KLD) dalam peningkatan indeks SPBE.

“Ini langkah awal kita, yaitu kerjasama, pembahasan, identifikasi dengan pemerintah Bupati Indramayu, pendalaman kebutuhan dengan pemerintah Bupati Indramayu,” katanya.

Sementara itu, kepala Dinas Informasi Komunikasi (Diskominfo) Indramayu Dadang Oce Iskandar mengatakan Indramayu menyambut baik dan siap bekerja sama dengan Perri.

“Tentu saja, kita berada di ranah banyak batasan. Oleh karena itu, kami berharap kerjasama kedepannya dapat memberikan arahan yang sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat untuk lebih meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan pemerintah Di Totopedia daerah melalui SPBE.”

Oce mengatakan, dalam dua tahun terakhir Kabupaten Indramayu mengalami peningkatan indeks SPBE yang tidak biasa. Pada tahun 2022, titik indeks SPBE tercatat sebesar 3,09 poin, dan pada tahun 2023 mendapat predikat yang sangat baik, karena melonjak menjadi 3,59.

Semoga melalui kerjasama ini Pemerintah Bupati Indramayu Di Totopedia dapat mengembangkan dan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang sudah ada.

Kami tidak hanya mengejar angka, kami juga dapat mengembangkan dan mengintegrasikan Di Totopedia, merampingkan, dan merampingkan semua aplikasi yang ada.Tentunya, pada akhirnya salah satu upaya kami adalah untuk lebih meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat,” katanya

Pos terkait